Doa Berangkat Haji Dan Umroh

Bacaan Doa Berangkat Haji dan Umroh Bahasa Arab dan Artinya

Banyak sekali kumpulan doa-doa tentang haji maupun umroh yang telah tersedia berabgai toko buku maupun internet sebagai pengetahuan tentang pendidikan agama islam. Dimana, umat muslim wajib belajar agama islam sejak dini agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Begitupun ketika sudah baligh atau dewasa belajar agama memang sangat penting. Apalagi, jika Anda ingin berangkat pergi haji atau umroh tentunya harus bisa hapal doa-doa yang telah ditentukan. Berikut ini, pembahasan bacaan doa berangkat haji dan umroh bahasa arab dan artinya.

Doa Berangkat Haji dan Umroh

Doa berangkat haji dan umroh merupakan salah satu bacaan permohonan kepada Allah SWT untuk mendapat perlindungan ketika ingin menunaikan kedua ibadah tersebut di tanah suci. Doa umroh ini tentunya sangat penting harus dipelajari dan juga dihapalkan dikarenakan kita sebagai hamba yang bisa berserah diri kepada Allah SWT agar semua doa dikabulkan. Oleh karena itu, setiap jamaah yang mau berangkat ke Baitullah biasanya sering mengadakan acara walimatus safar untuk berdoa agar diberi keselamatan dan kelancaran selama ibadah haji maupun umroh.

Dalam menunaikan ibadah haji dan juga umroh memang menjadi sebuah anugrah yang paling banyak dinanti bagi umat islam. Dimana, ketika seseorang mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan umroh maka rasanya sangat bahagia. Bahkan, keluarga maupun para tetangga pun sering membaca doa untuk orang yang haji dan umroh dengan tujuan supaya diberi keselamatan, diterima oleh Allah SWT dan perjalanan ibadah umrohnya berjalan lancar.

Bacaan Doa Berangkat Haji dan Umroh

Merangkum dari berbagai macam sumber, terdapat sebuah bacaan doa berangkat haji dan umroh yang dapat dibacakan oleh jamaah sebelum melakukan perjalanan pergi ke Baitullah. Selain membaca doa, jamaah dianjurkan untuk shalat Sunnah 2 rakaat sebelum meninggalkan rumah.

Doa Setelah Shalat Sunnah

Bacaan doa berangkat haji dan umroh tentunya menjadi hal penting yang harus dibacakan. Berikut ini, doa setelah shalat Sunnah 2 rakaat, yaitu:

   إِنَّا اللَّهُمَّ وَعَاهَةٍ، آفَةٍ كُلِّ مِنْ وَإِيَّاهُمْ احْفَظْنَا حَابِوَالأَصْوَالوَلَدِ وَالمَالِ الأَهْلِ فِي الخَلِيفَة وَأَنْتَ السَّفَرِ صَاحِبُ أَنْتَ اللَّهُمَّ

       وَأَنْ السَفَرَ عَلَيْنَا وَتُهّوِّنَ الأَرْضَ لَنَا تَطْوَى أِنَّ نَسْأَلُكَ إِنَّا اللَّهُمَّ مَاتَرْضَى، العَمَلِ وَمِنَ وَالتَّقْوَى البِرَّ هَذَمَسِيرِنَا فِي نَسْأَلُكَ

     إِنَّا اللَّهُمَّ وَسَلَّمَ، عَلَيهِ اللهُ صَلَّى مُحَمَّدٍ نَبِيِّكَ قَبْرِ وَزِيَارَةَ بَيتِكَ حَجَّ وَتُبَلِّغْنَا وَالمَالِ وَالدِّينِ الْبَدَنِ سَلَامَةَ سَفَرِنَا فِي تَرْزُقْنَا

 جِوَارِكَ فِي وَإِيَّاهُمْ اجْعَلْنَا اللَّهُمَّ وَالأصْحَابِ، وَالوَلَدِ وَالمَالِ الأَهْلِ فِي النَّظَرِ وَسُوءِ المُنْقَلِبِ وَكآبَةِ السَفَرِ عَثَاِء مِنْ نّعُوذُبِكَ

                                                                                              عَافِيَتِكَ مِنْ بِنَاوَبِ مَا وَلَاتُغَيِّرْ نِعْمَتَكَ وَإِيَّاهُمْ وَلَاتُسَلِّبْنَا

Artinya: “ Ya Allah, Engkau adalah kawan dalam perjalanan, dan Engkau adalah pengawas dalam menjaga keluarga, harta, anak, dan teman-teman. Selamatkan kami dan mereka dari setiap petaka dan penyakit. Ya Allah, dalam perjalanan ini kami memohon pada-Mu kebaikan, ketakwaan dan amal baik yang engkau ridhai. Ya Allah, dekatkan dan mudahkanlah perjalanan ini untuk kami. Anugerahkan pada kami dalam perjalanan ini keselamatan badan, agama, harta serta sampaikanlah kami untuk menunaikan haji ke rumah-Mu dan menziarahi makam Nabi-Mu Muhammad Saw. Ya Allah, kami berlindung pada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, cuaca yang menyedihakan dan pemandangan yang buruk dalam keluarga, harta, anak dan teman. Ya Allah jadikanlah kami dan mereka dalam penjagaanmu, jangan cabut dari kami dan mereka nikmat dan kesehatan.”

Doa Sebelum Berangkat Umroh

Adapun, doa berangkat haji dan umroh yang lainnya ketika mau persiapan pergi meninggalkan rumah. inilah doa sebelum sebelum berangkat umroh,:

         أَوْ أُظْلِمَ أَوْ أَظْلَمَ أَوْ أُزِلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ ضِلَّ أَوْ أَضِلَّ أَنْ بِكَ أَعُوْذُ رَبِّ بِاللهِ إِلَّا قُوَّةَ وَلاَ حَوْلَ وَلَا اللهِ عَلَي تَوَكَّلْتُ اللهِ بِسْمِ

  أَجْهَلَ سخطك اتقاء خرجت بل مسعة ولا رياء ولا بطرا ولا أخرج شرا لا نياللهم عَلَيّ يُجْهَلَ أَوْ أَجْهَلَ

                                              لقائك إلوشوقا نبيك سنة واتباع فرضك وقضاء مرضاتك وابتغاء

Bismillahi tawakkaltu ‘alallah wa la haula wa la quwwata illa billahi. Rabbi a’udzubika an udlilla au udlilla au azilla au uzilla au adhlama au udhlima au ajhala au yujhila ‘alayya. Allahumma inni la ahraja syirron, wa la bathuran, wa la riya’an, wa la masa’ah bal harajtu ittiqo’i sakhothuka, wa ibtighoi mardlotika, wa qodloi fardlotika, wa ittiba’i sunnati nabiyyuka, wa syauqon ila liqoika.

Artinya: “ Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tidak ada kekuatan selain kekuatan Allah. Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari kesesatan dan yang menyesatkan, dari tergelincir dan yang digelincirkan, dari perbuatan dzalim dan didzalimi atau mengganggu dan diganggu. Ya Allah aku keluar bukan untuk kejelekan tidak pula terburu-buru, tidak karena riya dan pamer, tapi aku keluar untuk menjauhi amarah-Mu dan mengharap keridhaan-Mu, dan untuk menunaikan Engkau wajibkan, dan mengikuti sunah nabi-Mu, dan karena kerinduan ingin bertemu dengan-Mu”

Nah, itulah pembahasan bacaan doa berangkat haji dan umroh bahasa arab dan artinya yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

About Author

client-photo-1
admin

Comments

Leave a Reply